PERBEDAAN MASA PRASEJARAH DAN SEJARAH

Oleh: Sunarno*

Masa prasejarah juga disebut sebagai masa praaksara. Praaksara berasal dari gabungan kata pra dan aksara. Pra berarti sebelum dan aksara berarti tulisan. Sehingga, yang dimaksud masa praaksara adalah masa sebelum manusia mengenal tulisan. Selain itu, masa praaksara juga disebut dengan masa nirleka (nir artinya tidak ada, dan leka artinya tulisan), yaitu masa tidak ada tulisan.

Masa prasejarah berawal sejak manusia ada dan berakhir ketika manusia mulai mengenal tulisan. Karena pada masa praaksara manusia belum mengenal tulisan, maka tidak ada peninggalan tertulis dari masa praaksara. Untuk mengetahui perkembangan kehidupan manusia pada masa tersebut dapat menggunakan sumber artefak, fosil, atau pun cerita turun temurun.

Artefak adalah benda-benda atau alat-alat peninggalan pada zaman dahulu. Artefak dapat digunakan untuk memperkirakan bagaimana perkembangan kehidupan manusia. Sementara, fosil adalah sisa-sisa dari makhluk baik manusia, hewan, maupun tumbuhan yang sudah membatu. Fosil dapat digunakan untuk mengetahui pertumbuhan fisik makhluk hidup pada masa prasejarah.

    Tulisan Mesir Kuno

Dengan demikian dapat disimpulkan faktor yang membedakan masa prasejarah dan sejarah adalah ditemukannya tulisan. Di masa sejarah, untuk mengetahui perkembangan kehidupan manusia selain bersumberkan artefak, fosil, dan cerita turun temurun, juga ditambah sumber tulisan.


*Guru SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid Kabupaten Magelang Jawa Tengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar